Keefektivan Layanan Konseling Kelompok Teknik Self-Management untuk Mereduksi Kecanduan Game Online

Alamsah Muliarahmat, Hardi Prasetiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan pelaksanaan layanan konseling kelompok yang dilakukan oleh guru BK di SMP Negeri 1 Ciamis, menghasilkan model layanan konseling kelompok dengan teknik self management, dan mengetahui efektivitas pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik self management dalam mereduksi kecanduan game online pada pelajardi SMP Negeri 1 Ciamis. Jenis penelitian ini adalah mix method research dengan metode one group pre test post test design dan teknik pengambilan data yaitu purposive sampling dari populasi seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ciamis dan sample sebanyak 10 orang siswa dari kelas yang berbeda. Hipotesis pada penelitian ini berbunyi bahwa layanan konselig kelompok dengan teknik self management dapat berjalan dan menghasilkan hasil yang efektif dalam mereduksi kecanduan game online di kalangan pelajar kelas IX SMP Negeri 1 Ciamis.


Full Text:

PDF

References


Ambarwati,Sonia. (2010). Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Pengguna Game Online (Studi terhadap Siswa SMA Negeri 23 Bandung). Skripsi

Jurusan Pendidikan Sosiologi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Pendidikan Indonesia

Anggraini, Rizky. (2018). Dampak pengasuhan orang tua yang kecanduan game online terhadap perkembangan anak. S1 thesis, uin kalijaga yogyakarta.

Romadhon, Egi (2019) Dampak Kecanduan Game Online Pada Kalangan Remaja Di Kelurahan Sidotopo Wetan Kecamatan Kenjeran Surabaya.Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Istiqomah, Kholifah (2016) Dampak game pada kepribadian sosial anak (studi kasus kelas V SD Islam Al-Madina Semarang). (S1) thesis, UIN Walisongo.

Putra, Devi (2016) Gambaran Perilaku Kecanduan Video Game Pada Siswa Kelas Vii Dan Kelas VIII Di SMPN 29 Kota Bandung. (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia.

Samuel,Henry, (2010). Cerdas dengan Game: Panduan Praktis bagi Orangtua dalam Mendampingi Anak Bermain Game, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Benny dan Middle. (2013). Pengembangan kemampuan sosio emosional. Jurnal. FKIP Untan. [Online] dikutip dari : http://Jurnal.Untan.Ac.Id.

Carolyn Meggitt, “terj.”. (2013). Understand Child Development: Memahami Perkembangan Anak. London: Hodder Education, hlm. 169-170.

Priscilla, D. (2019). Permasalahan Pendidikan di Indonesia.

Astuti, A. D., & Lestari, S. D. (2020). Teknik Self Management untuk mengurangi perilaku terlambat datang di Sekolah. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 10(1), 54-68.

Prasetiawan, H. (2016). Upaya Mereduksi Kecanduan Game Online Melalui Layanan Konseling Kelompok. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).

Trisnani, R. P., & Wardani, S. Y. (2020). Efektivitas Konseling Sebaya untuk Mereduksi Kecanduan Game Online pada Siswa SMP. Indonesian Journal of Educational Counseling, 4(1), 41-46.

Ali, N. (2020). Pengaruh Teknik Self-Management Untuk Mengurangi Perilaku Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelas Xi Di Man Pinrang (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

SANTIKA, L. (2019). Efektifitas Teknik Self Management Dalam Menangani Kecanduan Game Online Remaja di Desa Patoloan Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.