Pemanfaatan Media Video Scribe dalam Layanan Bimbingan Kelompok Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal

Amalia Darojati Nashrullah, Dian Ari Widyastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegunaan media Video scribe dalamlayanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi interpersonal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan desain studi kepustakaan atau literatur. Data yang dikumpulkan berupa data teks dari jurnal dan buku yang relevan dan dikaitkan dengan variabel penelitian ini, yaitu berkaitan dengan komunikasi interpersonal, bimbingan kelompok, dan media video scribe. Analisis data pada penelitian ini dengan cara mengkaitkan, membandingkan, menguraikan, lalu menyimpulkan isi dari data yang diperoleh.Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Analisis data merupakan sarana analisis isi. Hasil analisis dalam penelitian ini didapatkan bahwa media video scribe dalam layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan komunikasi interpersonal.

Full Text:

PDF

References


Adhityaputra, V. W., & Saripah, I. (2015). Efektivitas teknik permainan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal pada remaja. Edusentris, 2(3), 290–298.

Anggraini, C. N. T. (2020). ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Program Studi Pendidikan Akuntansi, 66.

Aw, S. (2011). Komunikasi interpersonal.

DeVito, J. A. (2019). The interpersonal communication book (15th edition). Pearson Education, Inc.

Kamaruzzaman, K. (2016). Analisis keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 107822.

Khoiruddin, A. (2020). 7 Media Pembelajaran Interaktif. Nizamia Learning Center.

Muhammad, B., & Ganiem, L. M. (2011). Teori Komunikasi Antarpribadi. Jakarta. Kencana Prenada Media Group. Hal, 15–18.

NURHASANAH, D. (2020). PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SMP.

Pratiwi, D. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Berbasis Media Sosial Edmodo.

Prayitno, E. A., & Amti, E. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Ramaraju, S. (2012). Psychological perspectives on interpersonal communication. Journal of Arts, Science & Commerce, 3(4), 68–73.

Rozaq, F. (2012). Hubungan Komunikasi Interpersonal Antara Guru dan Siswa dengan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Otomotif di SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah Tahun Ajaran 2012/2013. Universitas Negeri Yogyakarta. Https://Doi. Org/Http://Eprints. Uny. Ac. Id/10165/1/Jurnal% 20Skripsi. Pdf.

Wicaksono, S. H. (2018). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas XI-IPA SMA Negeri 1 Sooko Ponorogo Tahun Pelajaran 2017/2018.

Widyastuti, D. A. (n.d.). JIGSAW: STRATEGI DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL CALON KONSELOR.

Zuhara, E. (2015). Efektivitas teknik sosiodrama untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa (penelitian kuasi eksperimen kelas X di SMA Kartika Siliwangi 2 Bandung Tahun Ajaran 2013/2014). JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 80–89.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.