Pengembangan Permainan Ludo dengan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Siswa SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta

Daniel Huda, Ariadi Nugraha

Abstract


Pentingnya kemampuan kognitif pada siswa untuk meningkatkan kemampuan dalam belajar. Dengan menerapkan layanan bimbingan kelompok dan media permaian ludo, di harapkan bisa meningkatkan kemampuan kognitif pada siswa. Hal ini telah tertuang dalam Undang-undang Republik Indonesia nomor 2 Tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional,pasal 12 ayat (2) menyebutkan selain jenjang pendidikan sebagaimana dimaksud pada Ayat (1),dapat diselenggarakan pendidikan pra-sekolah, adalah pendidikan yang diselenggarakan untuk mengembangkan pribadi, pengetahuan, dan keterampilan yang melandasi pendidikan dasar serta mengembangkan diri secara utuh sesuai dengan atas pendidikan se-dini mungkin dan seumur hidup. Karena kebanyakan siswa mengalami kesulitan belajar karena kemampuan kognitif yang lemah karena kurangnya latihan dalam berpikir sehingga menyebabkan sebagian anak berkesulitan dalam belajar. Oleh karena itu Permainan ludo dengan dimainkan oleh 4 orang dengan papan yang berwarna merah, kuining,hijau, dan merah masing-masing permain melemparkan dadu secara bergiliran, dengan ini di harapkan siswa bisa berkembang dalam memilih jalan yang akan di lakukan mengambil langkah yang tepat dan benar sehingga dapat mengembangkan dan meningkatkan kemmapuan kognitif pada siswa. Melalui layanan bimbingan kelompok.


Full Text:

PDF

References


Kore, D., Wondal, R., & Samad, R. (2020). Peran permainan ludo dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun. CAHAYA PAUD, 2(1).

Afrianti, S., Daulay, M. I., & Asilestari, P. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dengan Permainan Ludo. Aulad: Journal on Early Childhood, 1(1), 52-59.

Ulya, H. (2015). Hubungan gaya kognitif dengan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal konseling GUSJIGANG, 1(2).

Setyowati, A., & Subali, B. (2011). Implementasi pendekatan konflik kognitif dalam pembelajaran fisika untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2).

Sari, I. K. W. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 145-152.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37-50.

Bakara, A., & Suratman, D. (2015). Perkembangan Kognitif Siswa dalam Operasi Logis Berdasarkan Teori Piaget di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(12).

Aini, I. N., & Hidayati, N. (2017). Tahap perkembangan kognitif matematika siswa SMP kelas VII berdasarkan teori Piaget ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2).

Indriani, S. D. (2020). PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI MEDIA PERMAINAN LUDO TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.