PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK DALAM LAYANAN INFORMASI TENTANG KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH BULAKAMBA

Anisa Nur Azizah, Ariadi Nugraha

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kedisiplinan belajar siswa. Faktor kedisiplinan belajar siswa antara lain: Faktor internal adalah faktor yang ada dalam dirinya sendiri antara lain meliputi kesadaran diri, motivasi belajar, dan tidak mampu menyesuaikan diri dalam belajar. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor dari luar yang meliputi faktor keluarga, lingkungan sekolah, teman sebaya dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metodologi dalam penelitian ini yaitu riset dan development (RnD) yang dilakukan dengan pengembangan atau memaparkan faktafakta atau data-data yang diperoleh dari sumber data. Data-data tersebut bersifat kualitatif karena tidak berupa angka, tetapi berupa kalimat-kalimat atau pernyataanpernyataan yang berasal dari hasil metode observasi dan wawancara. Data-data tersebut selanjutnya dianalisis atau diuraikan untuk menemukan faktor kedisiplinan belajar siswa siswa. Berdasarkan data yang diperoleh dari subjek penelitian, menunjukan bahwa faktor kedisiplinan belajar siswa ada dua yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor intrinsik yaitu faktor yang berasal dari dirinya sendiri yaitu siswa yang malas, malas untuk belajar, tidak pernah mengerjakan PR atau tugas, malas untuk mencatat dan membaca buku pelajaran,kurangnya kesadaran untuk belajar, belumter biasa dengan disiplin belajar. Kedua adalah faktor ekstrinsik merupakan faktor yang berasal dari luar individu berupa lingkungan keluarga, orangtua yang tidak pernah memberikan perhatian dan kasih sayang terhadap anak mengakibatkan anak menjadi tidak disiplin belajar, selain itu pendidikan orang tua juga mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa, faktor lain adalah dari guru, guru yang galak dan cara mengajar yang membosankan menyebabkan siswa malas belajar, dan faktor terakhir yang mengakibatkan siswa tidak disiplin belajar karena faktor lingkungan seperti teman bergaul di rumah dan lingkungan sekolah.


Full Text:

PDF

References


Alfian, I. (2019). Pengembangan Media Scrapbook Pembelajaran Tematik Tema 6 Merawat Hewan Dan Tumbuhan Subtema 1 Hewan Di Sekitar Pada Kelas 2 Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Aisyah,Siti,dkk. 2009. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka

Ali, M., Asrori, M. 2004. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Attaqiana, M. R., Saptorini, S., & Binadja, A. (2016). Pengembangan Media Permainan Truth and Dare Bervisi Sets Guna Memotivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(2).

Emria Fitri dkk. (2016). Efektifitas Layanan Informasi Dengan Menggunakan Metode Blended Learning Untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling. Vol 2 (2).

Harlinawati, F. D. (2016). Penerapan Konseling Kelompok Realita dengan Teknik WDEP Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Semen Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia.

Mayasari, A. S. T. Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Managemen Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa.

Munawaroh, Siti. 2016. Perilaku Disiplin dan Kejujuran Generasi Muda di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: BPNP.

Oktaviane, M., Budyartati, S., & Tryanasari, D. (2020). Analisis tingkat kedisiplinan belajar siswa di MIN 1 Kota Madiun. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 122-125.

Salam, M., & Anggraini, I. (2018). Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V Di Sdn 55/I Sridadi. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 127-144.

Sudarmono, S., Apuanor, A., & Kurniawati, E. H. K. (2020). Pengaruh kesadaran diri terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IX SMPN 9 Sampit. Jurnal Paedagogie Media Kependidikan, Keilmuan dan Keagamaan, 5(2), 78-84.

Sugeng, H. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Swasta Depok. Jurnal Faktor UNINDRA, 3(3), 261-274.

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor kedisiplinan belajar pada siswa kelas x smk larenda brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232-238.

Sugiyono, S. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif & R & D. Bandung:Alabeta.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.Bandung: ALFABETA

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta

Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka

Telaumbanua, K. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lahusa. Jurnal Education And Development, 4(1), 25-25


Refbacks

  • There are currently no refbacks.