PENGARUH MANAJEMEN WAKTU TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA BK UAD PADA MASA PEMBELAJARAN DARING

Alivia Eka Arianti, Agus Ria Kumara

Abstract


Pandemi Covid-19 mengakibatkan pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh secara online atau daring. Dengan model pembelajaran daring, terdapat beberapa permasalahan yang dialami oleh mahasiswa. Salah satunya yaitu masalah prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa BK UAD pada masa pembelajaran daring saat pandemi Covid-19. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan skala manajemen waktu dan skala prokrastinasi akademik, analisis data menggunakan uji analisis regresi linier melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa BK UAD selama pembelajaran daring.Pandemi Covid-19 mengakibatkan pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh secara online atau daring. Dengan model pembelajaran daring, terdapat beberapa permasalahan yang dialami oleh mahasiswa. Salah satunya yaitu masalah prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa BK UAD pada masa pembelajaran daring saat pandemi Covid-19. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan skala manajemen waktu dan skala prokrastinasi akademik, analisis data menggunakan uji analisis regresi linier melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa BK UAD selama pembelajaran daring.

Pandemi Covid-19 mengakibatkan pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh secara online atau daring. Dengan model pembelajaran daring, terdapat beberapa permasalahan yang dialami oleh mahasiswa. Salah satunya yaitu masalah prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa BK UAD pada masa pembelajaran daring saat pandemi Covid-19. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan skala manajemen waktu dan skala prokrastinasi akademik, analisis data menggunakan uji analisis regresi linier melalui program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa BK UAD selama pembelajaran daring.


Full Text:

PDF

References


Aklima, Y., Supriyanto, A., & Antara, U. (2020). Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok (Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri 1 Muara Batu). (6), 919–927.

Burhan, M. N. I., & Herman. (2019). Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Social Landscape Journal, 1–10.

Chotimah, C., & Lukluk, N. (2020). Pengaruh Self Regulated Learning Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. 5(1), 55–65.

Fajhriani. N, D. (2020). Manajemen Waktu Belajar di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 1(3), 298–309. https://doi.org/10.35719/jieman.v1i3.27

Hakim, N. R., Prihandhani, I. G. A. A. S., & Wirajaya, I. G. (2018). Hubungan manajemen waktu dengan kebiasaan prokrastinasi penyusunan skripsi mahasiswa keperawatan angkatan VIII STIKES Bina Usada Bali. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 19(2).

Handoyo, A. W., & Prabowo, A. S. (2020). Prokrastinasi akademik mahasiswa selama pembelajaran daring. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 355–361.

Kamayanthy, D. Y. (2020). Analisis Pembelajaran Menggunakan Edmodo Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas Xii Dpib Di Smkn 1 Majalengka Tahun Ajaran 2020-2021. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689–1699.

Khoirunnisa, R. N., Jannah, M., Kusuma, D. D., & Satiningsih. (2021). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir pada Masa Pandemi COVID-19. 11(2), 116–127.

Muslimin. (2018). Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Skripsi di Universitas Muhammadiyah Malang Ditinjau dari Keaktifan Berorganisasi.

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 45. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868

Nurhidayati, D. D. (2016). Peningkatan Pemahaman Manajemen Waktu Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving pada Siswa. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 24. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v5i1.4592

Pertiwi, G. A. (2020). Pengaruh Stres Akademik dan Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 738–749. https://doi.org/10.30872/psikoborneo

Reswita, R. (2019). Hubungan Antara Manajemen Waktu dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 25–32. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i02.2497

Rizkyani, A. M. (2020). Hubungan Antara Self Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia.

Saman, A. (2017). Analisis Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan). Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 3(2), 55. https://doi.org/10.26858/jpkk.v0i0.3070

Sari, R., Chalidaziah, W., Islam, K., & Langsa, I. (2020). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir. 1(2), 70–75.

Setyowati, E., Santosa, H., & Biantoro, Y. (2020). Upaya Menurunkan Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavioristik Pada Peserta Didik Kelas Xi Tkj Di Smk Ma’arif 1 Nanggulan. 957–965.

Sriwigati, T., Widyastuti, D. A., Muhliawati, Y., Ahmad, U., Yogyakarta, D., & Yogyakarta, S. M. P. M. (2020). Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Bagi Peserta Didik Kelas Xii Aphp B Smk Negeri 1 Wanayasa. 357–368.

Suryo, J. . C. (2017). Hubungan Antara Manajemen Waktu Dan Prokrastinasi Akademik Siswa Sma Yang Aktif Dalam Media Sosial Di Yogyakarta.

Umah, R. Y. H. (2021). Memodifikasi Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Dengan Mengoptimalkan Self-Regulated Learning. 1, 2(tecnology), 28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.