PENGEMBANGAN MEDIA BERDASAR KOMPUTER (CBI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III DI SDN 12 AMPENAN

Ida Ermiana, Hari A H, Baiq Niswatul Khair

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media berdasar komputer (CBI) yang dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa SD kelas III agar tercapai tujuan pembelajaran pada pokok bahasan Gerak Benda. Penelitian ini merupakan penelitian R & D (research and development). Pengembangan media pembelajaran menggunakan model Alessi & Trollip. Hasil penilaian ahli media pada aspek tampilan dan pemrograman berkategori bagus, dan ahli materi pada aspek isi dan pembelajaran berkategori bagus. Skor penilaian aspek kualitas oleh pengguna menunjukkan nilai lima yang paling sering muncul, artinya aspek kualitas produk oleh pengguna berada pada kategori sangat bagus. Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN 12 Ampenan berjumlah 27 orang. Hasil yang didapatkan di SDN 12 AmpenanĀ  dengan KKM pelajaran IPA 74 ada empat belas yang tuntas dan tiga belas remidi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa media berdasar komputer (CBI) dinyatakan layak , sehingga media ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Keywords


media berdasar komputer (CBI), hasil belajar IPA

Full Text:

PDF

References


AECT Task Force on Definition and Terminology. (1997). The Definition of

Educational Technology. Washington, DC: AECT.

Alessi, S.M., & Trollip, S.R. (2001). Multimedia for Learning Methods and

Development (3 rd ed.). Boston: Allyn and Bacon.

Gagne, R.M., Briggs, L.J., & Wager, W.W. (1992). Principles Instructional Design

(4 th ed). Orlando: Harcourt Brace Jovanovich College

Heinich, Molenda, Russel, et al. (1996). Instructional Media And Technologies for

Learning. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik

Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta:PT. Rajagrafindo Persada.

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan

Profesionalisme Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Sapriati, dkk. 2009. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks

Mogey, Nora. (1998). Evaluation Cookbook. Edinburgh: LTDI.

Wina Sanjaya. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses

Pendidikan. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.