PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK SD MELALUI KONSEP PEMBELAJARAN BERBASIS KESENIAN BUDAYA DAERAH DAN PERMAINAN TRADISIONAL DI KAMPOENG DOLANAN NUSANTARA BOROBUDUR MAGELANG

Rivan Dikmawan Nur Prastyan

Abstract


Sebuah survey yang dilakukan oleh Primrose School pada tahun 2016 menemukan bahwa ternyata 92% orang tua mengakui pentingnya pembentukan karakter anak yang kuat dan positif sejak dini, terutama karena anak-anak sekarang telah hidup di era digital. Di sisi lain arus globalisasi yang diikuti dengan hadirnya teknologi modern tentunya berpengaruh terhadap karakter anak. Faktanya, penggunaan gadget pada anak – anak yang dimanjakan oleh orang tua berakibat pengaruh karakter negatif, contohnya karakter yang individualis, kecanduan, dan bahkan merusak moral dan akhlak seorang anak. Maka dari itu perlu adanya pembinaan terhadap pendidikan karakter salah satunya yang dilakukan oleh Kampoeng Dolanan Nusantara di daerah Borobudur Kabupaten Magelang melalui konsep pembelajaran berbasis kesenian budaya dan permainan tradisional. Di kampung ini menyediakan berbagai wahana permainan tradisional yang memang cocok dengan perkembangan usia anak SD mulai dari egrang, gasing, bakiak, gobak sodor,dakon,dan lain-lain. Selain itu terdapat jelajah alam yang dapat memberikan manfaat dan sarana untuk pendidikan, bermain, dan pembentukan karakter yang positif. Kemudian kampung ini juga menyediakan program belajar kesenian atau budaya, contonya menabuh gamelan memainkan gending jawa dan belajar tari rakyat. Dengan hal ini dapat memfasilitasi anak SD untuk membentuk nilai-nilai pendidikan karakter yang sesuai pada perkembangannya.


Full Text:

PDF

References


Anonim. 2011. “Pentingnya Pendidikan Karakter Pancasila Menuju Bangsa yang

Unggul, Berdaulat, dan Berdikari”. http://psp.ugm.ac.id/pentingnyapendidikan-

karakter-pancasila-menuju-bangsa-yang-unggul-berdaulatdan-berdikari.html.

[Diakses tanggal 13 November 2011]

Awwaliyah, Irma, dkk. 2011. Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Permainan

Tradisional Dalam Rangka Pengembangkan Pendidikan Budaya dan Karakter

Bangsa

http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/44444/PKM-GT2011-IPB-Irma-

Inovasi%20Media%20Pembelajaran.pdf [Diakses tanggal 12 November 2011].

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.2010.Pedoman Pengembangan

Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Bahan pelatihan penguatan

metodologi pembelajaran berdasarkan nilai-nilai budaya untuk membentuk daya

saing dan karakter bangsa:. Kementrian Pendidikan Nasional

Kurniati, Euis, Yustiana, Y. Reksa.2006. Implementasi model bimbingan berbasis

permainan di sekolah dasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.