Penerapan model pembelajaran POE (Prediction, Observation, Explanation) untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Padang Ulak Tanding Tahun Pelajaran 2016/2017

Algiranto Algiranto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X1 SMAN 1 Padang Ulak Tanding Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran POE. Penelitian ini termasuk ke dalam bentuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini sebanyak 31 orang yang merupakan siswa kelas X1 SMAN 1 Padang Ulak Tanding Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini berlangsung dalam tiga siklus pembelajaran. Siklus pertama berlangsung dengan materi kalor dan perubahan suhu dan kegiatan siswa adalah praktikum. Siklus kedua dengan materi kalor dan perubahan wujud dan Siklus ketiga dengan materi perpindahan kalor. Pembelajaran dititik beratkan kepada hasil belajar fisika siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil analisa pada siklus I diperoleh hasil nilai kognitif 61,1 atau 61,29% afektif 77,31 dan psikomotorik74,74, kemudian pada siklus II diperoleh hasil pada ranah kongitif 68,2 atau 70,96% afektif 78,82 dan psikomotorik 81,21 sedangkan untuk siklus III diperoleh hasil nilai kognitif 71,8 atau 93,54% afektif 81,85 dan psikomotorik 89,55. Berdasarkan hasil analisa tersebut dan hasil pengamatan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, maka penelitian tindakan kelas ini menggunakan model pembelajaran POE dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa.

Full Text:

PDF

References


Yamin dan Antasari. 2014. Teknik Mengembangkan Kemampuan Individu Siswa. Jakarta: GP Press.

Wina Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada.

Zuhdan K Prasetya. 2012. Kapita Selekta Pembelajaran Fisika. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.

Supriyadi. 2010. Kajian Managemen dan Teknologi Pembelajaran IPA Fisika. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Muslimin Ibrahim. 2010. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Nana Sudjana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Cetakan ketujuhbelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Paul Suparno. 2007. Model Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Universitas Sananta Darma Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter