Peningkatan keterampilan mengonstruksi teks eksposisi melalui model problem based learning di kelas X MIPA-2 SMA Negeri 2 Ngaglik

Ari Aditama

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu:(1) Mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran keterampilan mengonstruksi teks eksposisi menggunakan model problem based learning di kelas X MIPA-2 SMAN 2 Ngaglik, (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran keterampilan mengonstruksi teks eksposisi menggunakan model problem based learning di kelas X MIPA-2 SMAN 2 Ngaglik SMAN 2 Ngaglik. Sebelum tindakan kemampuan mengonstruksi teks eksposisi di kelas X MIPA-2 masih rendah. Melalui model problem based learning (selanjutnya ditulis PBL), kemampuan mengonstruksi teks eksposisi diharapkan meningkat. Model dalam penelitian ini menggunakan model penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan Taggart, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu;(1)perencanaan, (2)tindakan, (3)pengamatan, dan (4)refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA-2 SMAN 2 Ngaglik tahun pelajaran 2021-2022 dengan jumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dan tes  dengan menggunakan media teknologi informasi dan komunikasi. Proses penerapan untuk menguasai keterampilan mengonstruksi teks eksposisi adalah dengan menggunakan sintak model PBL. Hasil penelitian ini terjadi peningkatan nilai pada setiap siklusnya. Nilai rerata kelas pada prasiklus adalah 55. Sebagaian besar siswa belum bisa menyusun teks eksposisi dengan menggunakan struktur dan kebahasaan dengan baik. Setelah mengggunakan langkah-langkah model pembelajaran PBL terjadi peningkatan nilai. Pada siklus ke-1 adalah 60, sedangkan pada siklus ke-2 adalah 87. Proses pembelajaran dengan media TIK digunakan karena untuk situasi saat itu masih kondisi darurat Covid-19. Dengan menggunakan sintak model PBL terbukti dapat meningkatkan keterampilan mengonstruksi teks eksposisi di kelas X MIPA-2.

Full Text:

PDF

References


Nadiem Makarim. 2020. " Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat penyebaran Corona Virus Disease (covid-19). Tersedia: https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/ Diakses pada tanggal (8/10/2022)

Ade Suyitno. 2013. ”Urgensi Menulis dalam Prespektif Islam (Pentingnya Budaya Literasi).” https://bit.ly/2YYkmi3 Diakses pada (tgl 8/10/2022)

Jelita.2021. “Menulis untuk Belajar dan Berpikir.” Tersedia: https://lpmpjatim.kemdikbud.go.id/jelita/menulis-untuk-belajar-dan-berpikir/ Diakses pada tanggal (3/8/2022)

H. Yanpar Cocuk, Y. And Tugba, O. 2016. “The Relationship Between Writing Anxiety and Writing Disposition Among Secondary School Students. Eurasian Journal of Educational Research.” No.63 pp335-352.

Cici Ramayani. 2016. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUNGAI LIMAU” Tersedia:https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/73 Diakses (3/8/2022)

Nabilla Antrisna Putri. 2022. “PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA GAMBAR” Journal Metamorfosa Volume 10, Tersedia: https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa (3/8/2022).

S Haryoko. 2012. Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5.

Asih Pujiariani.2012."Model-model Penelitian Tindakan Kelas". Tersedia: http://didaktik-artikelpendidikan.blogspot.com/2012/10/model-model-penelitian-tindakan-kelas.html Diakses pada tanggal (3/8/2022)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Universitas Ahmad Dahlan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.