Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SD Muhammadiyah Gamplong

Meristianti Rizki Herawati, Vera Yuli Erviana, Satria Bayu Heriaji, Sekar Ayu Arabella

Abstract


Penelitian berikut dilaksanakan dengan tujuan menjabarkan dan menjelaskan implelmelntasi pelndidikan karakter relligius di SD Muhammadiyah Gamplong. Penelitian dilaksanakan selcara kualitatif delngan tujuan melmberikan gambaran yang jelas dan telrpelrinci telrkait implelmelntasi nyata di SD Muhammadiyah Gamplong. Hasil penelitian ini adalah SD Muhammadiyah Gamplong telah melaksanakan beberapa langkah nyata, yaitu dengan membiasakan shalat dhuha sebelum aktivitas di sekolah, dilanjutkan dengan apel pagi, berdoa selbelum belajar, dan shalat dzuhur secara belrjamaah.

Keywords


Pendidikan karakter, karakter religius, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Al Qur’an Surat Luqman ayat 17-18.

Andiarini, S. E., & Imron Arifin, A. N. (2018). Implementasi Program Pengulatan Pendidikan Karakter melaluli Kegiatan Pembiasaan Dalam Peningkatan Multul Sekolah. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 238–244.

Fitri, A. (2018). Pendidikan Karakter Prespektif Al-Quran Hadits . TA'LIM: Julrnal Stuldi Pendidikan Islam, 258-287.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif teori & praktik. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Hidayah, Y., Suyitno, Retnasari, L., & Ulfah, N. (2018). Pendidikan Karakter Religius Pada Sekolah Dasar : Sebuah Tinjuan Awal. Kajian Ilmu Pendidikan, 329-344.

Jahja, Y. (2015). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan, 41-49.

Lesilolo, H. J. (2018). Penerapan teori belajar sosial albert bandura dalam proses belajar mengajar di sekolah. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 186-202.

Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017.

Puri, L. W., Nurkholipah, S., & Putri, R. N. (2017). PERAN KONSELOR DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA SEKOLAH BERBASIS KARAKTER. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 599-603.

Ramayullis. (2018). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Samsuri. (2011). Pendidikan Karakter Warga Negara Kritik Pembangunan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Diandra Pustaka Indonesia.

Silaen, P. V., sihombing, H., & Gultom, E. (2022). Kajian Seni Pertunjukan Lagu Pelajar Pancasila Karya Eka Gustiwana. Seminar Nasional 2022-NBM Arts.

Sujatmiko, I. N., Arifin, I., & Sunandar, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan,, 1113-1119.

Swandar, R. (2017). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SD BUDI MULIA DUA SEDAYU BANTUL. Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta.

Syaroh, L. D., & Mizani, Z. M. (2020). Membentuk Karakter Religius dengan Pembiasaan Perilaku Religi di Sekolah: Studi di SMA Negeri 3 Ponorogo. Indonesian Joulrnal of Islamic Edulcation Stuldies (IJIES), 63-82.

Wati, D. C., & Arif, D. B. (2017). Penanaman nilai-nilai religius di sekolah dasar untuk penguatan jiwa profetik siswa. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III .

Widodo, H. (2019). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SD MUHAMMADIYAH MACANAN SLEMAN YOGYAKARTA . Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 40-51.

Wijanarti, W., Degeng, I. N., & Untari, S. (2019). Problematika Pengintegrasian Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 393-398.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.