Penggunaan konteks finansial pada pengembangan soal matematika tipe PISA

Gold Dayona, Zulkardi Zulkardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal matematika tipe PISA dengan menggunakan konteks finansialyang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode penelitian design research tipe development study. Penelitian ini memerlukan dua tahap yaitu preliminary dan formative evaluation yang meliputi self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test.Teknik pengumpulan data yangdigunakan berdasarkan dokumen, walktrough, dan tes.Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas X SMA Srijaya Negara Palembang.Hasil analisis data, disimpulkan bahwa penelitian ini telah menghasilkan produk berupa 7 butir soal matematika tipe PISA dengan menggunakan konteks finansialyang valid dan praktis serta dilengkapi dengan kisi-kisi soal, kartu soal dan rubrik penilaian.

Full Text:

PDF

References


. Badan Standar Nasional Pendidikan. (2016). Permendikbud nomor 24 lampiran 15 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika. Jakarta : BSNP.

. Elanda, EO. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran aritmatika social berbasis masalah untuk melatihkan literasi finansial siswa SMP Kyai Hasyim Surabaya. UIN Sunan Ampel. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2018 dari http://digillib.uinsby.ac.id/id/eprint/12862.

. Mas’udah, I L. (2017). Profil literasi finansial siswa dalam memecahkan masalah aritmatika social ditinjau dari perbedaan status social ekonomi orang tua. UIN Sunan Ampel Surabaya.

. OECD. (2015). PISA 2015 RESULT Students’ Financial Literacy Volume IV. Diakses pada tanggal 28 Agustus 2018 dari https://www.oecd-ilibrary.org/docserver/9789264270282-en.pdf?expires=1535611421&id=id&accname=guest&checksum=021A655261DED2D3E2AE84EB3CB48C40

. Tessmer, M. (1993). Planing and conduting formative evaluations. London: Kogan Page.

. Wati, T. (2015). Pengembangan bahan ajar PMRI topik literasi finansial pada aritmatika social kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika. 9 (1). 22-34.

. Zulkardi. (2006). Formative Evaluation : What, why, when, and how. Diakses pada tanggal 6 September 2018 dari https://www.oocities.org/zulkardi/books.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.