Pelatihan detergen ramah lingkungan untuk Bank Sampah Kamulyan Wilayah Kelurahan Brontokusuman RW 20-22 Kecamatan Mergangsan Kota Yogyakarta

Tatbita Titin Suhariyanto, Hayati Mukti Asih

Abstract


Kota Yogyakarta adalah salah satu kota padat populasi yang memiliki berbagai permasalahan rumah tangga yang kompleks. Salah satunya adalah masalah limbah cair rumah tangga. Banyaknya limbah detergen yang dibuang ke perairan tentu menurunkan kualitas mutu perairan yang berakibat pada penurunan keanekaragaman biota air. Berbagai senyawa buatan pada detergen dapat menimbulkan dampak negatif manusia, seperti iritasi kulit, mata, bahkan memicu kanker. Melihat dampaknya yang cukup besar bagi manusia dan lingkungan, maka diperlukan aksi nyata untuk mengurangi pencemaran akibat limbah cair rumah tangga. Langkah ini diwujudkan dalam bentuk pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan dan pembinaan kepada Bank Sampah Kamulyan yang terletak di Brontokusuman, Yogyakarta. Mayoritas masyarakat di sekitar Bank Sampah Kamulyan adalah para ibu rumah tangga yang berpotensi untuk dikembangkan. Program ini telah dilakukan pada tanggal 23 Agustus 2020 yang fokus pada pembuatan detergen ramah lingkungan. Pada program tersebut, sesi pertama adalah penyuluhan dan praktik pembuatan detergen ramah lingkungan. Dengan adanya program ini, diharapkan dapat terbentuk kelompok masyarakat yang mandiri secara ekonomi melalui pelatihan-pelatihan.


Keywords


Limbah cair rumah tangga; detergen ramah lingkungan; pengabdian masyarakat

Full Text:

PDF

References


Budiman, I., Alfian, S.D., K., A., S., R., M., D., Hasanah, A.N., 2012. Pembuatan Tablet Detergen Effervescent Dari Lerak (Sapindus rarak) Sebagai Solusi Alternatif Permasalahan Limbah Domestik. E-Journal Mhs. dan Pasca Sarj. Univ. Padjajaran 1.

Fatoni, R., Fatimah, S., 2017. Pengembangan Ekonomi Kreatif Melalui Pembuatan Sabun Cair ; Sebuah Upaya Pemberdayaan Anggota Aisyiah di Wilayah Solo Raya, in: The 6th University Research Colloquuium 2017. Universitas Muhammadiyah Magelang, Magelang, Indonesia, pp. 149–152.

Khurana, R., 2002. Counting the cost of cleanliness. Delhi.

LPPM UAD, 2020. Rencana Strategis Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan 2020-2024. LPPM UAD, Yogyakarta, Indonesia.

Sasetyaningtyas, D., 2018. Bahaya Deterjen terhadap Lingkungan dan Kesehatan [WWW Document]. Sustaination. URL https://sustaination.id/bahaya-deterjen-terhadap-lingkungan-dan-kesehatan/ (accessed 3.23.20).

Yuliani, R.L., Purwanti, E., Pantiwati, Y., 2015. Effect of Waste Laundry Detergent Industry Against Mortality and Physiology Index of Nile Tilapia (Oreochromis Niloticus), in: Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS. FKIP UNS, Surakarta, pp. 822–828.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tatbita Titin Suhariyanto, Hayati Mukti Asih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License