Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran PPKn Bermuatan Pendidikan Antikorupsi bagi Guru PPKn SMA dan SMK Kabupaten Kulon Progo

Sumaryati Sumaryati, Trisna Sukmayadi

Abstract


Peraturan Gubernur DIY No. 60 Tahun 2020 tentang Insersi Pendidikan Antikorupsi dalam Mata Pelajaran PPKn di Satuan Pendidkan Menengah, Satuan Pendidikan Kejuruan dan Satuan Pendidikan Berkebutuhan Khusus telah diberlalukan. Namun guru-guru PPKn belum mengetahui langkah-langkah insersi pendidikan antikorupsi (PAK) dalam mata pelajaran PPKn dan belum menyusun perangkat pembelajaran bermuatan pendidikan antikorupsi. Tujuan pengabdian agar guru PPKn SMA dan SMK di Kulon Progo mengetahui langkah-langkah insersi dan dapat melakukan insersi materi pendidikan antikorupsi dalam perangkat pembelajaran PPKn. Metode dengan fórum grup diskusi dan workshop. Hasil berupa 3 silabus mata pelajaran PPKn SMA, 3 silabus mata pelajaran PPKn SMK, 4 RPP PPKn SMA insersi PAK, dan 3 RPP PPKn SMK insersi PAK   Kegiatan ini menambah pengetahuan guru PPKn SMA dan SMK tentang langkah-langkah insersi pendidikan antikorupsi dalam mata pelajaran PPKn, sumber belajar, bahan ajar, media, dan evaluasi pendidikan antikorupsi. Kegiatan juga menimbulkan sikap positif guru PPKn SMA dan SMK di Kulon Progo terhadap pendidikan antikorupsi. Adapun dampak keterampilan berupa guru PPKn dapat menganalisis silabus, kompetensi dasar, bahan ajar, media, evaluasi pembelajaran PPKn yang berkaitan dengan pendidikan antikorups, dan terampil menyusun RPP PPKn SMA dan SMK bermuatan pendidikan antikorupsi.  


Keywords


insersi, pendidikan antikorupsi, silabus, RPP

Full Text:

PDF

References


Aksa, A. F. (2018). Pencegahan dan Deteksi Kasus Korupsi pada Sektor Publik dengan Fraud Triangle. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi (JEBA), 20(4), 1–17.

Anam, N. (2014). Membatinkan Karakter Anti Korupsi Melalui Integrasi Kurikulum. Al’Adalah, September 2013, 91–118. http://aladalah.iain-jember.ac.id/index.php/aladalah/article/view/239

Andini, O. G. (2021). Menakar Relevansi Pedoman Pemidanaan Koruptor Terhadap Upaya Pemberantasan Korupsi. 5(2), 133–148.

Ayu, I. gusti agung. (2018). Meningkatkan Kesadaran Generasi Muda Untuk Berperilaku Anti Koruptif. 201 8, 17–25.

Dermawan, H., Chandra, T., & Tan, W. (2021). Penanaman Sifat Integritas dan Gerakan Anti Korupsi Melalui Sosialisasi di SMA Swasta Maha Bodhi Kabupaten Karimun. 4(1), 28–36.

Frimayanti, A. I. (2017). PENDIDIKAN ANTI KORUPSI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 83–98.

Halimah, L., Fajar, A., & Hidayah, Y. (2021). PENDIDIKAN ANTI KORUPSI MELALUI MATA KULIAH PANCASILA: TINGKATAN DALAM MEMAHAMI KEJUJURAN. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 1–14.

Hambali, G. (2020). Hambali, G. (2020). Evaluasi program pendidikan antikorupsi dalam pemelajaran. Integritas: Jurnal Antikorupsi Komisi Pemberantasan Korupsi, 6(1), 31–45. https://doi.org/10.32697/integritasv6i1.621Evaluasi program pendidikan antikorupsi dalam pemelajaran. Integritas: Jurnal Antikorupsi Komisi Pemberantasan Korupsi, 6(1), 31–45. https://doi.org/10.32697/integritasv6i1.621

Imelda, A. (2017). Pendidikan Anti Korupsi Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 83. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2098

Iwan Setyawan, SH, M. (2015). Faktor-Faktor Penyebab Tindak Pidana Korupsi Meningkat Di Indonesia. Kultura, 16(September), 5239–5245.

Okparizan, O., & Andhika, L. R. (2020). Orientasi Kebijakan Pemberantasan Korupsi Negara Asia Menurut Ranking Corruption Perception Index. Jurnal Borneo Administrator, 16(3), 271–290. https://doi.org/10.24258/jba.v16i3.730

Prasetiya, B., Tobroni, Cholily, Y. M., & Khozin. (2021). Metode Pendidikan Karakter Religius Paling Efektif di Sekolah. Academia Publication.

Setia Darma Sinuraya, T., Widodo, & Suwarno, P. (2021). Strategi Pemberantasan dan Pencegahan Korupsi di Indonesia dalam Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Education and Development, 9(3), 125–130.

Shofiyuddin, A. (2018). Pendidikan Antikorupsi Di SMA Al-Hikmah Kebonsari Surabaya. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1, 34–65. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/Darajat/article/download/282/226

Suciptaningsih, O. A. (2014). PENDIDIKAN ANTI KORUPSI BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN GUNUNGPATI Oleh: Oktaviani Adhi Suciptaningsih UNIVERSITAS PGRI SEMARANG. 4, 50–56.

Suyatmiko, W. H. (2021). Memaknai Turunnya Skor Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Tahun 2020. Integritas, 7(1), 161–178. https://doi.org/10.32697/integritas.v7i1.717

Waluyo, B. (2014). Optimalisasi Pemberantasan Korupsi di Indonesia. Jurnal Yuridis, 1(2), 169–182.

Widiartana, G., & Setyawan, V. P. (2020). Urgensi Pendidikan Antikorupsi Terhadap Pencegahan Korupsi Dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Hukum Mimbar Justitia, 6(2), 173. https://doi.org/10.35194/jhmj.v6i2.1352

Wilhelmus, O. R. (2018). Korupsi: Teori, Faktor Penyebab, Dampak, Dan Penanganannya. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 17(9), 26–42. https://doi.org/10.34150/jpak.v17i9.44


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dr. Sumaryati, M.Hum, Trisna Sukmayadi, M.Pd

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan
LPPM Universitas Ahmad Dahlan
UAD Kampus 2 Unit B, Jl. Pramuka No.5F, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161
Email: lppm@uad.ac.id


p-ISSN: 2686-2972 | e-ISSN: 2686-2964


This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License